Arti Sahabat

15:37 Fatihurrahman 0 Comments



                   Teman vs. Sahabat
Dalam hidup, agan-agan sekalian pasti pernah merasakan yang namanya pertemanan, bukan? Oh, tentu dong, karena agan-agan kan membutuhkan yang namanya teman. Nggak mungkin kan agan-agan semua hidup menyendiri tanpa seorang teman? Apalagi yang statusnya mahasiswa atau pelajar. Paling tidak dengan adanya teman bisa sedikit memberi warna yang berbeda di dalam hidup agan-agan semua. Oh iya ya! Bagaimana dengan seseorang yang lebih dari teman? Eitsss! Jangan mikir aneh-aneh dulu gan, hahaha, maksud ane sahabat. Kan biasanya ada tuh, seseorang yang selalu ada dalam setiap warna kehidupan agan, entah itu masa sulit, masa suka bahkan di kala duka. Pastikan agan memiliki sahabat di dalam setiap lingkungan hidup yang agan semua berada di dalamnya. Kenapa coba ane menyuruh agan semua untuk memastikan memiliki seorang sahabat? Mau tahu kan... hehehehe. Soalnya ane sendiri pernah merasakan yang namanya memiliki sahabat. Indah banget pokoknya.

Yang perlu agan semua ketahui nih! Teman dan sahabat itu sebuah kesamaan dalam perbedaan. Tahu kan maksud ane? Jangan bingung-bingung gan, ane kasih contekannya ya gan, menurut ane teman itu adalah mereka gan, yang hadirnya bagai petir dan hujan, datangnya musiman. Juga kayak jelangkung, datangnya tak diundang pulangnya tak diantar. Jadi agan itu harus smart ya! Jangan sampai mereka yang agan anggap sebaagai sahabat, itu menggap agan hanya sebagai teman. lalu, sahabat itu apa? Sahabat itu seperti tangan dan mulut. Agan tahu kan apa maksud ane? Tangan itu kan ibarat nyawa bagi mulut, di saat lapar dengan sabarnya dia memberi. Bahkan ketika dunia ini tanpa secerik cahayapun, dia tetap bisa menyuapi agan. Nggak percaya? Coba aja agan matikan lampu, lalu masukan makanan ke dalam mulut. Setelah mencobanya, maka agan pasti tahu jawabannya.

Sahabat itu sulit didapat gan. semua dari kita pasti memiliki teman, tapi  tidak semua dari kita  bisa mendapatkan dan memiliki sahabat, contohnya ane gan. ane itu disetiap lingkungan hidup, pasti ada aja sahabatnya. Di kampung ane ada, di sekolahan ane ada, dan sekarang ane kuliah, juga ane memiliki sahabat. Bagi ane sahabat itu orang terdekat dalam hidup ane, saling berbagi suka dan duka. Saling tolong dan menolong dikala kesulitan menghimpit. Beda dengan teman, seperti yang ane katakan tadi gan, datangnya musiman. Saran ane nih gan, kalo belum punya sahabat, segera deh cari. Dan rasakan sensinya. Hehehe....!!!
Ane punya tips nih gan, bagaimana cara mendapatkan sahabat yang setia, karena tidak semua sahabat itu setia gan. Pertama, pastikan mereka menjadi teman agan dulu. Karena persahabatan yang baik itu diawali denga pertemanan. Fase pertemanan ini nih gan, yang akan menentukan apakah merekaa itu cocok dengan pribadi agan atau tidak. Fase ini akan berjalan cukup lama gan, jadi agan harus bersabar. Hehehe...yang namanya mencari sesuatu yang berarti itu butuh perjuangan gan. mencari sahabat itu seperti mencari pasangan hidup. Kalo salah-salah ya berujung perpisahan. Kedua, pastikan agan, memiliki kesamaan nasib dengan merekaa, karena persamaan nasib, itu akan menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi. Perasaan senasib itulah yang nantinya akan menjadi akar dari persahabatan yang akan agan jalin. Ketiga, pastikan agan semua bisa memerima kekurang mereka, karena sahabat itu adalah mereka yang bisa menerima kekurangan agan. Dan yang paling penting lagi,  agan harus tetap menjaga nama baik mereka. Intinya jangan jadi musush dalam selimut. Di depan baik di belakang malah ngomongin kejelekannya mereka. Dan yang terakhir adalah, teteplah saling memngingatkan dalam kebaikan agar persahaabatan yang agan jalin tetap diridhoi oleh Sang penguasa bumi dan jagat raya ini.

Sebelum ane akhiri tulisan ini, ini ada nasehaat dari pakle, Imam Al Ghozali: “yang paling jauh dengan JAUH kita yaitu MASA LALU, yang paling DEKAT kita KEMATIAN, yang paling BERAT di dunia ini “AMANAH”, sedangkan yang paling RINGAN di dunia ini adalah “AMALAN”.....sampai bersua lagi agan-agan semua, selamat mencari teman rasa sahabaat ya, awas sahabat rasa teman selalu mengintai agan-agan semua. Hehehehe..Wassalam.. *Hitaf: edisi 6 juni 2015*

0 comments: